Minggu, 23 Oktober 2011

TELEMATIKA

TELEMATIKA

A. PERKEMBANGAN TELEMATIKA

Perkembangan telematika talah begitu pesat. Itu sesuatu fakta yang tidak bisa dipungkiri. Berbagai produk barang dan jasa telematika begitu luas tersebar di masyarakat. Bahkan kita sendiri adalah bagian dari konsumen yang disasar oleh perusahaan-perusahaan telematika.

Terkait dengan itulah sejatinya, setiap kebijakan yang terkait dengan telematika akan berpengaruh bagi kita. Kebijakan telematika tidak hanya berurusan dengan persoalan teknis semata. Ada dimensi Hak Asasi Manusia (HAM) dan juga ekonomi politik global.

Kebijakan telematika dengan agenda ekonomi-politik neoliberal juga tidak lagi disembunyikan. Publik perlu tahu siapa yang untung dan siapa yang buntung ketika muncul kebijakan telematika itu.

penggunaan sistem komputer dan sistem komunikasi ternyata juga menghindarkan media komunikasi baru. Lebih jauh lagi istilah Telematika kemudian merujuk pada perkembangan konvergensi antara telekomunikasi, media dan informatika yang semula masing-masing berkembang secara terpisah.

Konvergensi Telematika kemudian dipahami sebagai sistem elektronik berbasiskan teknologi digital atau “The Net”. Dalam perkembangannya istilah “media” dalam Telematika berkembang menjadi wacana “multimedia”. Hal ini sedikit membingungkan masyarakat, karena istilah “multimedia” semula hanya merujuk pada kemampuan sistem computer untuk mengolah informasi dalam berbagai medium. Adalah suatu ambigus jika istilah Telematika dipahami sebagai akronim Telekomunikasi, Multimedia dan Informatika.

Jadi , dapat disimpulkan bahwa Telematika merupakan konvergensi antara teknologi Telekomunikasi , Media dan Informatika yang digunakan untuk keperluan pemrosesan data dengan sistem binary / digital.

B. PENGERTIAN TELEMATIKA

“Telematics“ adalah singkatan dari “Telecommunication” and “informatics” sebagai wujud dari perpaduan konsep Computing and Communication. Telematika berasal dari bahasa perancis “Telematique” yang merujuk pada bertemunya sistem jaringan komunikasi dengan teknologi informasi. Teknologi Informasi merujuk pada sarana prasarana, sistem dan metode untuk perolehan, pengiriman, penerimaan, pengolahan, penafsiran, penyimpanan, pengorganisasian, dan penggunaan data yang bermakna ( Miarso, 2007 ).

Istilah Telematics juga dikenal sebagai “the new hybrid technology” yang lahir karena perkembangan teknologi digital. Perkembangan ini memicu perkembangan teknologi telekomunikasi dan informatika menjadi semakin terpadu ( konvergensi ). Semula media masih belum menjadi bagian integral dari isu konvergensi teknologi informasi komunikasi pada saat itu.

C. ARSITEKTUR CLIENT-SERVER TELEMATIKA

Arsitektur klien-server telematika terdiri dari 2 buah arsitektur yakni, arsitektur sisi client dan sisi servernya.

1. Asitektur Sisi klien

Istilah ini merujuk pada pelaksanaan atau penyimpanan data pada browser (atau klien) sisi koneksi HTTP. JavaScript adalah sebuah contoh dari sisi klien eksekusi, dan cookie adalah contoh dari sisi klien penyimpanan. Lihat Cookie, Server Side. Karakteristik Klien :

- Selalu memulai permintaan ke server.

- Menunggu balasan.

- Menerima balasan.

- Biasanya terhubung ke sejumlah kecil dari server pada satu waktu.

- Biasanya berinteraksi langsung dengan pengguna akhir dengan menggunakan antarmuka pengguna seperti antarmuka pengguna grafis.

- Khusus jenis klien mencakup: web browser, e-mail klien, dan online chat klien.

2. Arsitektur Sisi Server

Sebuah eksekusi sisi server adalah server Web khusus eksekusi yang melampaui standar metode HTTP itu harus mendukung. Sebagai contoh, penggunaan CGI script sisi server khusus tag tertanam di halaman HTML; tag ini memicu tindakan terjadi atau program untuk mengeksekusi.

Karakteristik Server:

- Selalu menunggu permintaan dari salah satu klien.

- Melayani klien permintaan kemudian menjawab dengan data yang diminta ke klien.

- Sebuah server dapat berkomunikasi dengan server lain untuk melayani permintaan klien.

- Jenis server khusus mencakup: web server, FTP server, database server, E-mail server, file server, print server. Kebanyakan web layanan ini juga jenis server.

Jadi, secara umum Arsitektur Klien-server atau jaringan komputer adalah sebuah aplikasi terdistribusi arsitektur yang partisi tugas atau beban kerja antara penyedia layanan (server) dan pelayanan pemohon, disebut klien.

Dalam perkembangannya, client/ server dikembangkan oleh dominasi perusahaan software besar yaitu Baan, Informix, Lotus, Microsoft, Novell, Oracle, PeopleSoft, SAP, Sun, dan Sybase.


SUMBER :

http://www.satudunia.net/system/files/Question%20and%20Answer%20Kebijakan%20Telematika%20di%20Indonesia.pdf

http://www.gudangmateri.com/2010/08/perkembangan-telematika-di-indonesia.html

http://download1319.mediafire.com/khwakl6cwpqg/by1imja9eg9urm6/Arsitektur+telematika.pdf

0 Comments:

Post a Comment