Selasa, 25 Oktober 2011

Contoh Aplikasi Wireless (WiMAX)

WiMAX

WiMAX adalah singkatan dari Worldwide Interoperability for Microwave Access, merupakan teknologi akses nirkabel pita lebar (broadband wireless access atau disingkat BWA) yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dengan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologi BWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga merupakan teknologi dengan open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX di antara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX dapat diaplikasikan untuk koneksi broadband ‘last mile’, ataupun backhaul.

WiMAX (Worldwide Interoperability for Microwave Access) adalah sebuah tanda sertifikasi untuk produk-produk yang lulus tes cocok dan sesuai dengan standar IEEE 802.16. WiMAX merupakan teknologi nirkabel yang menyediakan hubungan jalur lebar dalam jarak jauh. WiMAX merupakan teknologi broadband yang memiliki kecepatan akses yang tinggi dan jangkauan yang luas. WiMAX merupakan evolusi dari teknologiBWA sebelumnya dengan fitur-fitur yang lebih menarik. Disamping kecepatan data yang tinggi mampu diberikan, WiMAX juga membawa isu open standar. Dalam arti komunikasi perangkat WiMAX di antara beberapa vendor yang berbeda tetap dapat dilakukan (tidak proprietary). Dengan kecepatan data yang besar (sampai 70 MBps), WiMAX layak diaplikasikan untuk ‘last mile’ broadband connections, backhaul, danhigh speed enterprise.

A. ELEMEN PERANGKAT WIMAX

Elemen/ perangkat WiMAX secara umum terdiri dari BS di sisi pusat dan CPE di sisi pelanggan. Namun demikian masih ada perangkat tambahan seperti antena, kabel dan asesoris lainnya.

B. TEKNOLOGI WIMAX DAN LAYANANNYA

BWA WiMAX adalah standards-based technology yang memungkinkan penyaluran akses broadband melalui penggunaan wireless sebagai komplemen wireline. WiMAX menyediakan akses last mile secara fixed, nomadic, portable dan mobile tanpa syarat LOS (NLOS) antara user dan base station. WiMAX juga merupakan sistem BWA yang memiliki kemampuan interoperabilty antar perangkat yang berbeda. WiMAX dirancang untuk dapat memberikan layanan Point to Multipoint (PMP) maupun Point to Point (PTP). Dengan kemampuan pengiriman data hingga 10 Mbps/user.

Pengembangan WiMAX berada dalam range kemampuan yang cukup lebar. Fixed WiMAX pada prinsipnya dikembangkan dari sistem WiFi, sehingga keterbatasan WiFi dapat dilengkapi melalui sistem ini, terutama dalam hal coverage/jarak, kualitas dan garansi layanan (QoS). Sementara itu Mobile WiMAX dikembangkan untuk dapat mengimbangi teknologi selular seperti GSM, CDMA 2000 maupun 3G. Keunggulan Mobile WiMAX terdapat pada konfigurasi sistem yang jauh lebih sederhana serta kemampuan pengiriman data yang lebih tinggi. Oleh karena itu sistem WiMAX sangat mungkin dan mudah diselenggarakan oleh operator baru atau pun service provider skala kecil.

C. PERUSAHAAN PEMBUATAN PERANGKAT WIMAX

berikut ini adalah perusahaan pembuata perangkat wimax :

1. Motorola

2. InfiNet Wireless

3. Aperto

4. EION

5. Axxcelera

D. TEKNOLOGI WIMAX

WiMAX merupakan teknologi yang sangat baru. Bahkan pengujian perangkat dari beberapa vendor untuk mendapat sertifikat ”WiMAX” baru dimulai sekitar bulan Agustus 2005. Untuk standar WiMAX mobile (IEEE 802.16e) baru disahkan sekitar pertengahan tahun 2006. Sementaa itu WiMAX yang akan berkembang saat ini masih comply ke standar IEEE 802.16-2004 yang diaplikasikan untuk solusi fixed.

Sedangkan di teknologi WiMAX diawali dengan standar 802.16 kemudian diperbaharui ke 802.16 (REVd) dan dikembangkan ke untuk melayani pelanggan mobile (802.16e).

E. Operator 4G WiMAX Pertama di Indonesia

Sitra WiMAX adalah operator 4G WiMAX pertama di Indonesia yang meluncurkan layanan 4G WirelessBroadband di bulan Juni 2010. Sitra WiMAX adalah bagian dari Lippo Group dan merek dagang terbaru dari PT.Firstmedia Tbk. Sitra WiMAX akan melayani 4G Wireless Broadband pertama di Indonesia di daerah terpadatdan sekaligus memiliki hak izin BWA termahal yaitu di coverage Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi,Propinsi Banten, Sumatera Utara, dan Propinsi NAD.

F. CARA KERJA WIMAX

Wimax bekerja seperti wifi tetapi dengan kecepatan lebih cepat, jangkauannya lebih luas dan jumlah penggunanya bisa lebih banyak. Wimax berpotensi meniadakan wilayah pinggiran yang saat ini kurang mendapatkan layanan broadband internet, karena perusahaan telekomunikasi belum menarik kabel ke lokasi terpencil atau pinggiran.

System WiMAX terdiri dari 2 bagian yaitu:

  • WiMAX Tower, sama dengan konsep tower handphone yang dapat mencakup coverage seluas 8000 Km persegi
  • WiMAX Receiver, berupa kotak mini atau PCMCIA card ata ditanam langsung ke laptop sebagai akses WiFi saat ini

Wimax tower station dapat terhubung langsung ke internet menggunakan high bandwidth, koneksi wired (ex : T3 line). Ia juga bisa terkoneksi ke WiMAX tower lain menggunakan microwave link. Koneksi ini ke tower kedua sering disebut backhaul.Bersama kemampuan 1 tower mengcover sampai 8000km persegi inilah yang memungkinkan wimax menghadirkan coverage ke wilayah pinggiran.


SUMBER :

http://id.wikipedia.org/wiki/WiMAX

http://www.scribd.com/doc/54331720/Makalah-Wimax

http://malfinaz.com/cara-kerja-sinyal-wimax/

0 Comments:

Post a Comment