Kamis, 25 Februari 2010

TIPE DATA

Struktur data adalah suatu koleksi atau kelompok data yang dapat dikarakteristikkan oleh organisasi serta operasi yang didefenisikan terhadapnya.

Data secara umum dapat dikatagorikan :
* Tipe data sederhana atau data sederhana
1. Tunggal : integer, real, boolean, karakter
2. Majemuk : string

* Struktur data
1. Sederhana : Array dan record
2. Majemuk terdiri atas
- Linier : Linier Linked List, Stack, Queue
- Non Linier : Binary Tree, binary search tree, general tree, tree, graf

INTEGER

Anggota dari himpunan bilangan : { ... , -(n+1), -n, ..., -2, -1, 0, 1, 2, ..., n, n+1, ... }
operasi dasar yaitu : penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian dan perpangkatan.

Pembagian Integer (DIV)
hasil pembagian integer DIV adalah sebuah integer.
Selain itu terdapat operasi MOD (MODULO) adalah sisa dari pembagian.

operator yang bekerja terhadap sepasang integer disebut BINARY OPERATOR. Sedangkan operator yang hanya bekerja terhadap satu operand saja disebut UNARY OPERATOR.

REAL

Data numerik yang bukan termasuk integer, digolongkan dalam jenis data real. Ditulis menggunakan titik desimal (atau koma desimal). Dimasukkan ke dalam memory kkomputer memakai sistem floating point, disebut Scientific Notation.
Penyajiannya terdiri dari : mantissa (pecahan) dan eksponen.

BOOLEAN

disebut juga jenis data logical. Anggota { true atau false }.
A. Operator Logika, yaitu : AND, OR, NOT

  • Operator AND akan menghasilkan nilai true, jika kedua operand bernilai true.
  • Operator OR akan menghasilkan nilai true, jika salah satu operand bernilai true.
  • Operator NOT merupakan "precedence" dari operator AND dan OR.
B. Operator Relasional, yaitu : > , < , >= , <= , <> dan =

KARAKTER

Elemen dari suatu himpunan yang terdiri atas bilangan , abjad dan simbol khusus.
(0,1,...,8,9,A,B,...Y,Z,+,-,*,...)

STRING

Barisan hingga karakter yang dibentuk oleh suatu kumpulan dari karaktr.
Karakter yang digunakan untuk membentuk suatu string disebut alfabet.
Dalam penulisannya, suatu string berada dalam tanda "aphosthrope".
Himpunan tak hingga dari string yang dibentuk oleh alfabet A disebut VOCABULARY , notasi : Va atau A*.
Jika suatu string dibentuk dari alfabet {0,1}, maka string yang terbentuk disebut dengan "Bit String".

LENGTH

Nilai dari operasi ini adlah suatu integer yang menunjukkan panjang dari suatu string.
NOTASI : LENGTH(S) = N (integer)
disini S = String, N = integer

CONCAT

Operasi ini bekerja terhadap dua string dan hasilnya merupakan resultan dari kedua string tersebut.
Jika S1 dan S2 masing-masing adalah suatu string, maka bentuk operasi CONCATENATION dinotasikan dengan : CONCAT(S1, S2).

SUBSTR

Operasi ini adalah operasi membentuk string baru, yang merupakan bagian dari string yang diketahui.
NOTASI : SUBSTR (S,i,j)
disini : S = string yang diketahui
i dan j = integer
i = posisi awal substring 1 <= i <= LENGTH (S)
j = banyak karakter yang diambil
0 <= j <= LENGTH (S) dan 0 <= i+j-1 <= LENGTH (S).

INSERT

Operasi ini adalah untukmemyisipkan suatu string ke dalam string lain.
Bentuk umumnya adalah
INSERT (S1, S2, i). S1 dan S2 masing-masing adalah suatu string dan i adalah posisi awal S2 pada S1.

DELETE

Operasi ini digunakan untuk menghapus sebagian karakter dalam suatu string.
Bentuk umumnya adalah
DELETE (S,i,j) -> menghapus sebagian karakter dalam string S , mulai dari posisi i dengan
panjang j.

DEKLARASI DALAM BAHASA PEMROGRAMAN
1. PASCAL
Var Count : integer;
Switch : boolean;
Betha : char;
Alamat : packed array [1..25] of char;

2. COBOL
DATA DIVISION
01 Count PICTURE $999.
01 Flda PICTURE X.
88 Switch VALUE 'Y'.
01 Betha PICTURE X.
01 Alamat PICTURE X(25).

MAPPING KE STORAGE
* INTEGER
Bentuk mapping ke storage dari integer dapat dilakukan dengan beberapa cara, yaitu :
1. Skema Sign and Magnitude
2. Skema One's Complement
3. Skema Two's Complement

* KARAKTER
Ada banyak skema yang digunakan untuk mempresentasikan karakter dalam storage. Pada umumnya skema yang paling banayk digunakan adalah
1. Extended Binary Coded Decimal Interchange (EBCDIC)
2. American Standard Code for Information Interchange (ASCII)

* STRING
untuk mengetahui bentuk mapping pada storage dari suatu string, perlu diketahui beberapa hal yang menyangkut ruang untuk string yang bersangkutan antara lain :
- letak posisi awal (start) dan posisi akhir (terminal)
- suatu pointer yang menunjukkan lokasi pada storge

Ada 3 cara yang umum digunakan untuk string ke dalam storaeg :
1. CARA 1
Menggunakan tabel informasi :
- nama string (NAME)
- alamat awal (START)
- panjang string (LENGTH)

2. CARA 2
Menggunakan tabel informasi :
- nama string (NAME)
- alamat awal (START)
- alamat akhir (TERM)

3. CARA 3
Menggunakan tabel informasi :
- nama string (NAME)
- alamat awal ( START)
- suatu tanda yang menunjukkan batas string

0 Comments:

Post a Comment