TUGAS ANALISIS MESIN ATM DENGAN SQA
Nama Kelompok :
· Rahma Eka Putri (11108560)
· Septiana Dewi. S (11108807)
· Sheila Rizka (11108816)
· Titik Rahayu. M (11108942)
· Winda Utari (12108049)
1. Pendahuluan
1.1 Pengertian ATM
ATM (Automatic teller machine atau automated teller machine; di Indonesia juga kadang merupakan singkatan bagi anjungan tunai mandiri) adalah sebuah alat elektronik yang mengijinkan nasabah bank untuk mengambil uang dan mengecek rekening tabungan mereka tanpa perlu dilayani oleh seorang "teller" manusia. Banyak ATM juga mengijinkan penyimpanan uang atau cek, transfer uang atau bahkan membeli perangko.
1.2 ATM Bank DKI
1.2.1 Fitur dan layanan
Kartu ATM Bank DKI memiliki berbagai manfaat transaksi perbankan antara lain :
· Informasi saldo
· Penggantian PIN
· Penarikan uang tunai
· Transfer uang antar bank anggota ATM Bersama dari Tabungan Simpeda,
Tabungan Monas dan Giro Perorangan
· Pembayaran tagihan rutin untuk tagihan telepon dan listrik
· Pembayaran tagihan produk telekomunikasi
· Pembayaran Pajak Bumi dan Bangunan
· Pembayaran biaya perpanjangan Pajak Kendaraan Bermotor
· Pembayaran premi asuransi
1.2.2 Seputar kartu ATM Bank DKI
· Transaksi dapat dilakukan di ATM Bank DKI atau ATM Bersama
· Untuk kemudahan dan kecepatan pelayanan dan efisiensi biaya transaksi,
manfaatkan Kartu dan Mesin ATM Bank DKI untuk bertransaksi
· Untuk mendapatkan Kartu ATM Bank DKI, anda cukup mengajukan
permohonan Kartu ATM dan membuka rekening Tabungan SIMPEDA dan
Tabungan MONAS di kantor layanan Bank DKI terdekat.
· Setelah anda menerima Kartu ATM Bank DKI tidak dapat langsung
dipergunakan untuk bertransaksi, karena harus diaktifkan terlebih dahulu oleh
Kantor Layanan Bank DKI maksimal 2 hari setelah kartu diterima.
· Segera hubungi Call Center Bank DKI (021-2354 5555) untuk pemblokiran
· kartu, apabila Kartu ATM Bank DKI atau ATM berlogo ATM Bersama.
Segera hubungi Call Center Bank DKI (021-2354 5555) atau Kantor Layanan
Bank DKI terdekat, apabila saat bertransaksi uang tidak keluar tetapi rekening
terdebet
· Klaim terdebet dapat diselesaikan 2 sampai 14 hari kerja terhitung dari
tanggal pengaduan diterima oleh Call Center Bank DKI.
· Batas waktu Klaim Uang terdebet yang dapat diproses maksimal 75 hari
kalender dari tanggal transaksi.
ATM Bank BRI
Nasabah BANK BRI sebagai Pemilik Tabungan BRI BritAma dan Tabungan BRI Simpedes dapat menikmati layanan e-Banking BRI dengan kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan bertransaksi. Layanan e-Banking BRI kini semakin lengkap sehingga memudahkan Anda dalam bertransaksi. Seperti Internet Banking BRI, selama terhubung dengan internet, ''kebutuhan'' finansial Anda bisa diatur dari depan komputer, kapan saja, di mana saja tanpa batasan waktu. Seperti transfer dana ke rekening lain, membayar tagihan, cek saldo, sampai beli pulsa bisa dilakukan sama seperti berhadapan dengan ATM atau teller di counter bank. Internet Banking BRI menawarkan kemudahan, kenyamanan, dan kecepatan bertransaksi.
Nasabah BRI juga dapat memanfaatkan fasilitas SMS Banking BRI (Mobile Banking BRI), di mana nasabah dapat bertransaksi hanya dengan menekan keypad handphone, kapanpun dan dimanapun berada. Fasilitas kemudahan lainnya adalah Phone Banking BRI. Nasabah dapat melakukan berbagai transaksi dan memperoleh informasi produk BRI lainnya dengan menghubungi 14017 atau 500 017 atau 021- 57 987 400 yang siap 24 jam sehari, tujuh hari seminggu.
Selain itu bisa juga menggunakan fasilitas ATM BRI. Dengan BRI Card yang dimiliki, nasabah Bank BRI dapat mengakses ATM BRI di seluruh Indonesia, serta jaringan ATM Link, PRIMA, ATM Bersama dan beberapa jaringan kerja sama Internasional, yaitu ATM Cirrus dan BankCard. Jadi dimana pun Anda berada, Jaringan ATM BRI selalu tersedia. Ada juga Mini ATM BRI yaitu e-channel untuk transaksi perbankan non-tunai menggunakan sarana electronic data capture (EDC).
Fasilitas selain e-banking adalah Kiosk BRI. Sebuah layanan transaksi perbankan non-tunai yang menggunakan sarana mesin mirip ATM dan bersifat touch screen untuk memilih fitur-fitur transaksi yang akan dilakukan. Tampilan multi media yang interaktif ini menjadi daya tarik tersendiri bagi nasabah maupun non-nasabah BRI untuk melakukan simulasi produk simpanan (Deposito BRI) maupun produk pinjaman (KPR BRI dan KKB BRI). Selain itu terdapat fitur Informasi, ketentuan produk perbankan dan fitur promosi perbankan. Sedangkan fitur non-tunai lainnya mirip dengan fitur yang ada di mesin ATM BRI, kecuali fitur top up/pembelian Isi Ulang Pulsa Kartu Blitz Megaplex (Blitzcard).
Selain untuk transaksi di ATM, Kartu ATM/Kartu Debit BRI juga parktis dibawa berbelanja kebutuhan sehari-hari di mall maupun supermarket atau untuk bersantap di restoran saat perjalanan mudik ke kampung halaman. Ada ratusan ribu merchant di seluruh dunia yang menerima Kartu ATM/Kartu Debit BRI melalui jaringan Maestro dan MasterCard.
1.3.1 Fitur ATM BRI
Fitur-fitur ATM BRI beragam fitur yang bisa dimanfaatkan untuk bertransaksi di ATM BRI:
1.4 ATM Bank Mandiri
Anda dapat melakukan aktivitas perbankan melalui lebih dari 2.500 Mandiri ATM yang tersebar di lokasi-lokasi yang strategis di seluruh propinsi di Indonesia. Berbagai jenis transaksi dapat dilakukan di Mandiri ATM, mulai dari pembayaran tagihan, isi ulang pulsa, pembelian tiket, inquiry, transfer antar rekening, cetak 5 transaksi terakhir, dll.
Layanan Mandiri ATM dapat dimanfaatkan setiap saat, 24 jam sehari 7 hari seminggu. Selain menggunakan Kartu Mandiri, Mandiri ATM juga melayani transaksi menggunakan kartu Mandiri VISA, Kartu BSM, kartu berlogo Link serta kartu berlogo Visa/Plus/Visa Electron
Layanan Mandiri ATM tersedia dengan gratis (kecuali untuk pembayaran listrik dan pencetakan mutasi). Untuk informasi lengkap atau apabila terdapat permasalahan dalam penggunaan Mandiri ATM, nasabah dapat menghubungi layanan Call Mandiri 14000
1.4.1 Fitur dan Layanan Mandiri ATM
1.4.2 Layanan mATM Bank Mandiri
Dengan Layanan mATM Bank Mandiri, nasabah Bank Mandiri yang telah menjadi pengguna SMS Banking Mandiri sekaligus pelanggan kartuHalo naviGator 64Telkomsel bisa melakukan pembelian barang dan tarik tunai di pedagang yang berlogo mATM Mandiri langsung dari ponselnya. Pedagang/merchant mATM Mandiri adalah nasabah Bank Mandiri pengguna SMS Banking yang sekaligus menjadi pelanggan kartuHALO mPOS. Dengan layanan mATM ini merchant dapat melayani pembelian barang dan tarik tunai pengguna SMS Banking Mandiri pelanggankartuHALO naviGator 64 Telkomsel. Untuk memperoleh sim card kartuHalo naviGator 64 atau kartuHALO mPOS Telkomsel pelanggan harus datang ke outlet graPARI terdekat.
Layanan mATM bisa dinikmati di semua pedagang yang sudah ikut program mATM. Pedagang mATM bisa dikenal dari Logo Layanan mATM di toko mereka. Untuk melakukan pembayaran barang di pedagang mATM atau menarik uang tunai di merchant mATM, nasabah hanya perlu memberikan nomor ponselnya ke merchant tersebut. Setelah transaksi dikirim oleh merchant, Bank Mandiri akan meminta nasabah pembeli untuk otorisasi transaksi tersebut di ponsel anda.
Nasabah dianjurkan untuk review transaksi tersebut sebelum memasukkan PIN. Setelah PIN dimasukkan, Bank Mandiri akan mengirim notifikasi SMS bahwa transaksi pembayaran sudah BERHASIL dan rekening nasabah sudah didebit senilai jumlah pembelian barang/jasa. Pada SMS notifikasi/konfirmasi transaksi tersebut terdapat detil transaksi termasuk nomor referensi yang dikemudian hari dapat dipakai untuk menanyakan transaksi tersebut di Call Mandiri 14000 atau (021) 52997777.
Setelah transaksi selesai diproses oleh sistim Bank Mandiri, merchant mATM Mandiri akan menerima notifikasi SMS yang sama bahwa pembayaran sudah BERHASIL dan dikredit ke rekening merchant. Sesudah menerima notifikasi SMS dari Bank Mandiri, nasabah pembeli akan menerima barang yang dibeli atau menerima uang tunai dari pedagang tersebut.
Fitur SMS Banking Mandiri yang dapat dinikmati oleh merchant mATM Mandiri dengan kartuHALO mPOS adalah transaksi m-Banking dan transaksi mATM. Adapun fitur mATM Mandiri terdiri dari pembelian barang dan tarik tunai, dan akan menyusul fitur pengiriman uang (mobile remittance). Sementara fitur transaksi perbankan yang dapat dinikmati sangat beragam mulai dari cek saldo, 5 transaksi terakhir, sampai dengan pembayaran tagihan Telkom, PLN, pembayaran tagihan semua GSM/CDMA, pembelian pulsa isi ulang semua GSM/CDMA, pembelian tiket Garuda dan notifikasi SMS secara real time on line 24 jam sehari 7 hari seminggu.
Dalam kerjasama merchant mATM ini, Bank Mandiri menunjuk PT e-Mobile Indonesia dalam melakukan pendaftaran merchant mATM Mandiri di seluruh Indonesia. Bagi Anda nasabah Bank Mandiri yang memiliki bisnis/toko dan tertarik untuk menjadi pedagang/merchant mATM Mandiri, silakan hubungi :
PT eMobile Indonesia
Telp : 021-3503936
Fax : 021-3506079
E-mail : matm@emobile.co.id
Nama PIC : Mungna, Meliesa, Taty & Teddy
2. Pembahasan
2.1 Unit Analisi Penilaian ATM yang digunakan pada kelompok ini
Berdasarkan teori – teori yang kami dapatkan, pada penilaian analisis ATM ini kami menggunakan unit analisis Correctness (kebenaran), efficiency (efesiensi), reliability (keandalan), Empathy (empati). Unit analisis yang kami ambil disesuaikan dengan kebutuhan dalam analisis.
2.1.1 Kategori dalam unit analisis
Dalam unit analisis, kami bagi kembali menjadi beberapa kategori.
2.2.2 Unit analisis correctness
Pada unit analisis correctness, kategorinya adalah kelengkapan informasi dan fitur tambahan.
dimana informasi yang harus tersedia yaitu, adanya konfirmasi transaksi, informasi sisa saldo, struk transaksi, no yang dapat dihubungi jika terjadi masalah.
Apakah sisa saldo tercetak pada struk transaksi dan apakah ada fitur – fitur tambahan yang lain.
2.2.3 Unit analisis Reliability
Pada unit analisis reliability, kategorinya adalah ATM online 24 jam, keragaman layanan, jaringan ATM, fasilitas ATM bersama dan penanganan error.
Apakah ATM tersebut beroperasi selama 24 jam
keragaman layanan meliputi, layanan pembayaran listrik, pembayaran telepon, pembelian pulsa, pembayaran pajak, pembayaran angsuran, pembayaran tiket pesawat, transfer rekening sesama bank dan antar bank, debet card, dan lain - lain.
Apakah tergabung dalam jaringan ATM lain dan jumlah jaringan ATM yang bekerja sama.
Apakah termasuk dalam ATM bersama
Penanganan apabila terjadi kesalahan, seperti uang tidak tersedia atau uang tidak mencukupi atas permintaan transaksi di ATM.
2.2.4 Unit analisis efficiency
Pada unit analisis efficiency, kategorinya adalah kecepatan proses, yang terdiri dari kecepatan akses, kecepatan transfer, dan kecepatan transaksi penarikan. Dibandingkan kecepatan transaksi antara tiga ATM Bank yang dianalisis.
2.2.5 Unit analisis usability
Pada unit analisis usability, kategorinya adalah kemudahan proses, penggunaan, communicativeness, dan petunjuk penggunaan
apakah alur menu atau tahapan – tahapannya jelas dan mudah dimengerti
pemilihan bahasa dan peringatan untuk mencabut kartu setelah transaksi.
dilihat apakah dari ketiga ATM Bank yang dianalisis terdapat petunjuk penggunaan, antara lain petunjuk – petunjuk yang ada pada setiap menu dan cara memasukan kartu.
2.2.6 Unit analisis integrity
Pada unit analisis integrity, kategorinya adalah security ,yaitu pengingat penggantian PIN dan penutup tombol.
2.2 Rumus Perhitungan
Rumus pengukuran yang digunakan adalah:
Fa = w1c1 + w2c2 + … + wncn
Dimana:
Kemudian tahapan yang harus kita tempuh dalam pengukuran adalah sebagai berikut:
3. Analisis ATM
3.1 Analisis ATM Bank DKI
Aspek – aspek yang dianalisis antara lain :
Correctness
Pada ATM Bank DKI informasi yang ada antara lain, jika telah selesai melakukan transaksi maka ada konfirmasi yang menyatakan transaksi berhasil dan transaksi selesai , informasi sisa saldo akan muncul jika selesai melakukan transaksi, informasi sisa saldo juga bisa dilihat dengan menggunakan kartu ATM tanpa harus melakukan transaksi, struk transaksi akan keluar jika telah selesai melakukan transaksi, tetapi tidak ada nomer yang dapat dihubungi jika terjadi masalah, seperti kartu tertelan.
Terdapat keterangan sisa saldo pada bagian bawah struk transaksi dan berita – berita terbaru mengenai pengguna ATM.
Reliability
ATM Bank DKI beroperasi selama 24 jam.
Terdapat layanan pembayaran flexi trendy, pembayaran telepon, speedy, PLN, PBB, pembelian pulsa antara lain Mentari, Matrix, Halo, Simpati, Mobile 8, dan XL, transaksi valuta asing, terdapat layanan transfer sesama DKI dan antar bank yang termasuk ATM bersama, tetapi tidak bisa debet card.
tergabung dalam jaringan BPD Net online, jackcard, Western union, dan Samsat Drive Thru,
Tergabung dalam ATM bersama.
Jika ketersedianan uang habis di ATM akan muncul pesan ketika melakukan transaksi, seperti jika uang di ATM tidak mencukupi untuk transaksi maka akan muncul pesan saat ini uang tidak tersedia.
Efficiency
Dibandingkan dengan dua ATM yang dianalisis, yaitu ATM MAndiri dan ATM BRI, kecepatan transaksi ATM DKI lebih lama dibandingkan ATM Mandiri dan ATM BRI.
Usability
terdapat panah yang mengarah ke tombol dan setiap tahapan – tahapannya jelas. Dimulai dari opening yang berisi informasi ATM kepada pengguna, pemilihan bahasan, informasi keragaman layanan, konfirmasi untuk masukan PIN, menu pengambilan tunai, menu utama. Terdapat konfirmasi kesalahan memasukan PIN, jika PIN yang dimasukan salah tidak akan bisa masuk ke menu utama atau pemilihan paket penarikan.
terdapat dua pemilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan tidak ada peringatan untuk mencabut kartu setelah transaksi.
Terdapat petunjuk penggunaan berupa teks.
Integrity
Tidak terdapat pengingat penggantian PIN pada menu awal atau ketika ATM pertama kali dibuka dan tidak ada penutup tombol.
Tabel Penilaian
NO. | Unit | Kategori | Bobot | Nilai | Total | |
analisi | ( 0 - 1) | ( 0 - 10 ) | ||||
1 | Correctness | Kelengkapan | 1 | 8 | 11.96 | |
( Kebenaran ) | informasi | |||||
| | Fitur tambahan | 0.6 | 6.6 | ||
2 | | ATM online 24 jam | 0.7 | 10 | 33.6 | |
| Keragaman | 1 | 5 | |||
Reliability | layanan | |||||
( Keandalan ) | Jaringan ATM | 0.8 | 7 | |||
| Fasilitas ATM | 0.8 | 10 | |||
| bersama | |||||
| Penanganan error | 1 | 8 | |||
3 | Efficiency | Kecepatan | 0.6 | 6 | 3.6 | |
( Efesiensi ) | transaksi | |||||
4 | | Kemudahan | 1 | 9 | 15.5 | |
Usability | penggunaan | |||||
( penggunaan ) | Komunikasi | 0.7 | 4 | |||
| Petunjuk | 0.8 | 5 | |||
| penggunaan | |||||
5 | Integrity | Keamanan | 1 | 0 | 0 | |
( integritas ) | ||||||
Total | 64.66 | |||||
3.2 Analisis ATM Bank BRI
Aspek – aspek yang dianalisis antara lain :
Correctness
Pada ATM Bank DKI informasi yang ada antara lain, jika telah selesai melakukan transaksi maka ada konfirmasi yang menyatakan transaksi berhasil dan transaksi selesai , informasi sisa saldo akan muncul jika selesai melakukan transaksi, informasi sisa saldo juga bisa dilihat dengan menggunakan kartu ATM tanpa harus melakukan transaksi, struk transaksi akan keluar jika telah selesai melakukan transaksi, terdapat nomer yang dapat dihubungi jika terjadi masalah seperti kartu tertelan.
terdapat keterangan sisa saldo pada struk transaksi dan tips aman bertransaksi dengan ATM.
Reliability
ATM Bank DKI beroperasi selama 24 jam.
Terdapat layanan pembayaran tagihan listrik, pembayaran tagihan telepon, pembayaran tagihan seluler antara lain Flexi, Kartu Halo, Matrix, Star one (in progres), Explore (in progres), Fren (in progres), dan Esia (in progres), pembayaran angsuran kendaraan bermotor, antara lain FIF (Federal Internasional Finance), BAF (Busan Auto Finance), dan SOF (Summit Oto Finance), pembayaran tagihan kartu kredit, seperti Kartu Kredit BRI, Kartu Kredit Standard Chartered Bank, Kredit Tanpa Agunan Standard Chartered Bank, Kartu Kredit ANZ Panin Bank, Kartu Kredit Citibank, Personal Loan dan Citi Financial Citibank, Ready Cash Citibank, Kartu Kredit HSBC, Personal Loan HSBC, Kartu Kredit ABN AMRO, Kredit Tanpa Agunan ABN AMRO, pembayaran tiket maskapai penerbangan, seperti Garuda, Lion air , dan Mandala, speedy, pembelian pulsa, terdapat layanan transfer sesama DKI dan antar bank yang termasuk ATM bersama, terdapat layanan e-Banking BRI untuk kemudahan bertransaksi, dan juga bisa debet card.
tergabung dalam jaringan BPD online, prima, mastercard, maestro, ATM link, BANKCARD (MEPS) dan cirrus
Tergabung dalam ATM bersama.
Jika ketersedianan uang habis di ATM akan muncul pesan ketika melakukan transaksi, seperti jika uang di ATM tidak tersedia maka akan muncul pesan saat ini uang tidak tersedia
Efficiency
Dibandingkan dengan dua ATM yang dianalisis, yaitu ATM MAndiri dan ATM DKI, kecepatan transaksi ATM BRI lebih lama dibandingkan ATM Mandiri, tetapi lebih cepat dibandingkan ATM BRI.
Usability
Terdapat panah yang mengarah ke tombol dan setiap tahapan – tahapannya jelas. Dimulai dari opening iklan – iklan BRI, pemilihan bahasa, fitur tambahan berupa tips aman bertransaksi di ATM, konfirmasi masukan PIN, pemilihan paket penarikan, pemilihan jenis transaksi. Terdapat konfirmasi kesalahan memasukan PIN, jika PIN yang dimasukan salah tidak akan bisa masuk ke menu utama atau pemilihan paket penarikan.
Terdapat dua pemilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan terdapat peringatan pada layar untuk mencabut kartu setelah transaksi, berupa gambar lepas kartu, disertai peringatan berupa bunyi.
Terdapat petunjuk penggunaan berupa teks dan animasi gambar seperti animasi cara memasukan kartu, cara memasukan PIN, dan melepas kartu.
Integrity
Tidak terdapat pengingat penggantian PIN dan tidak ada penutup tombol.
NO. | Unit | Kategori | Bobot | Nilai | Total | |
analisi | ( 0 - 1) | ( 0 - 10 ) | | |||
1 | Correctness | Kelengkapan | 1 | 10 | 13,6 | |
( Kebenaran ) | informasi | |||||
| | Fitur tambahan | 0.6 | 6.6 | ||
2 | | ATM online 24 jam | 0.7 | 10 | 38 | |
| Keragaman | 1 | 7 | |||
Reliability | layanan | |||||
( Keandalan ) | Jaringan ATM | 0.8 | 10 | |||
| Fasilitas ATM | 0.8 | 10 | |||
| bersama | |||||
| Penanganan error | 1 | 8 | |||
3 | Efficiency | Kecepatan | 0.6 | 8 | 4.8 | |
( Efesiensi ) | transaksi | |||||
4 | | Kemudahan | 1 | 9 | 24 | |
Usability | penggunaan | |||||
( penggunaan ) | Komunikasi | 0.7 | 10 | |||
| Petunjuk | 0.8 | 10 | |||
| penggunaan | |||||
5 | Integrity | Keamanan | 1 | 0 | 0 | |
( integritas ) | ||||||
Total | 80.4 | |||||
3.3 Analisis ATM Bank Mandiri
Aspek – aspek yang dianalisis antara lain :
Correctness
Pada ATM Bank DKI informasi yang ada antara lain, jika telah selesai melakukan transaksi maka ada konfirmasi yang menyatakan transaksi berhasil dan transaksi selesai , informasi sisa saldo akan muncul jika selesai melakukan transaksi, informasi sisa saldo juga bisa dilihat dengan menggunakan kartu ATM tanpa harus melakukan transaksi, struk transaksi akan keluar jika telah selesai melakukan transaksi, terdapat nomer yang dapat dihubungi jika terjadi masalah seperti kartu tertelan.
terdapat keterangan sisa saldo pada struk transaksi dan terdapat informasi baru bagi pengguna pada struk transaksi.
Reliability
ATM Bank DKI beroperasi selama 24 jam.
Terdapat layanan pembayaran tagihan listrik, pembayaran tagihan telepon, pembelian voucher Handphone antara lain Flexi, Fren , 3, dan Esia, pembayaran tagihan kartu kredit, pembayaran tiket maskapai penerbangan, multipayment, PAM, mandiri prabayar, pajak, travel agent, terdapat layanan transfer sesama bank dan antar bank yang termasuk ATM bersama, terdapat layanan e-BankingI untuk kemudahan bertransaksi, dan juga bisa debet card. Selain menggunakan Kartu Mandiri, Mandiri ATM juga melayani transaksi menggunakan kartu Mandiri VISA, Kartu BSM, kartu berlogo Link serta kartu berlogo Visa/Plus/Visa Electron.
tergabung dalam jaringan ATM link dan ATM visa
Tergabung dalam ATM bersama.
Jika ketersedianan uang habis di ATM atau tidak mencukupi untuk permintaan transaksi akan muncul pesan transaksi tidak dapat dilakukan.
Efficiency
Dibandingkan dengan dua ATM yang dianalisis, yaitu ATM BRI dan ATM DKI, kecepatan transaksi ATM Mandiri lebih cepat dibandingkan ATM DKI dan ATM BRI.
Usability
Terdapat panah yang mengarah ke tombol dan setiap tahapan – tahapannya jelas. Dimulai dari pemilihan bahasa, masukan PIN, menu utama, pemilihan penarikan, tetapi tidak ada konfirmasi kesalahan memasukan PIN, jika PIN yang dimasukan salah tetap akan masuk ke menu utama, PIN baru ketahuan salah ketika mau melakukan transaksi
Terdapat dua pemilihan bahasa, yaitu bahasa Indonesia dan bahasa Inggris dan terdapat peringatan pada layar untuk mencabut kartu setelah transaksi, berupa gambar lepas kartu, disertai peringatan berupa bunyi.
Terdapat petunjuk penggunaan berupa teks dan gambar cara memasukan kartu.
Integrity
Tabel Penilaian
NO. | Unit | Kategori | Bobot | Nilai | Total | |
analisi | ( 0 - 1) | ( 0 - 10 ) | | |||
1 | Correctness | Kelengkapan | 1 | 10 | 13.6 | |
( Kebenaran ) | informasi | |||||
| | Fitur tambahan | 0.6 | 6.6 | ||
2 | | ATM online 24 jam | 0.7 | 10 | 34.4 | |
| Keragaman | 1 | 9 | |||
Reliability | layanan | |||||
( Keandalan ) | Jaringan ATM | 0.8 | 3 | |||
| Fasilitas ATM | 0.8 | 10 | |||
| bersama | |||||
| Penanganan error | 1 | 8 | |||
3 | Efficiency | Kecepatan | 0.6 | 10 | 6 | |
( Efesiensi ) | transaksi | |||||
4 | | Kemudahan | 1 | 7 | 19.6 | |
Usability | penggunaan | |||||
( penggunaan ) | Komunikasi | 0.7 | 10 | |||
| Petunjuk | 0.8 | 7 | |||
| penggunaan | |||||
5 | Integrity | Keamanan | 1 | 5 | 5 | |
( integritas ) | ||||||
Total | 78.6 | |||||
Rekapitulasi Tabel
NO. | Unit | Kategori | Nama | Bobot | Nilai | | Total |
analisi | Bank | ( 0 - 1) | ( 0 - 10 ) | ||||
1 | | Kelengkapan | DKI | 1 | 8 | DKI | 11.96 |
| informasi | BRI | 10 | ||||
| Correctness | Mandiri | 10 | BRI | 13.6 | ||
| ( Kebenaran ) | | DKI | 0.6 | 6.6 | ||
| | Fitur tambahan | BRI | 6.6 | Mandiri | 13.6 | |
| | | Mandiri | 6.6 | |||
2 | | ATM online 24 jam | DKI | 0.7 | 10 | DKI | 33.6 |
| BRI | 10 | |||||
| Mandiri | 10 | |||||
| Keragaman | DKI | 1 | 5 | |||
| layanan | BRI | 7 | ||||
| | Mandiri | 9 | BRI | 38 | ||
Reliability | Jaringan ATM | DKI | 0.8 | 7 | |||
( Keandalan ) | BRI | 10 | |||||
| Mandiri | 3 | |||||
| Fasilitas ATM | DKI | 0.8 | 10 | |||
| bersama | BRI | 10 | Mandiri | 34.4 | ||
| Mandiri | 10 | |||||
| Penanganan error | DKI | 1 | 8 | |||
| BRI | 8 | |||||
| Mandiri | 8 | |||||
3 | Efficiency | Kecepatan | DKI | 0.6 | 6 | DKI | 3.6 |
( Efesiensi ) | transaksi | BRI | 8 | BRI | 3.8 | ||
| | Mandiri | 10 | Mandiri | 6 | ||
4 | | Kemudahan | DKI | 1 | 9 | DKI | 15.5 |
| penggunaan | BRI | 9 | ||||
| | Mandiri | 7 | ||||
Usability | Komunikasi | DKI | 0.7 | 4 | BRI | 24 | |
( penggunaan ) | BRI | 10 | |||||
| Mandiri | 10 | |||||
| Petunjuk | DKI | 0.8 | 5 | Mandiri | 19.6 | |
| penggunaan | BRI | 10 | ||||
| | Mandiri | 7 | ||||
5 | Integrity | Keamanan | DKI | 1 | 0 | DKI | 0 |
( integritas ) | BRI | 0 | BRI | 0 | |||
| Mandiri | 5 | Mandiri | 5 |
Nama ATM | Jumlah Total Nilai |
DKI | 64.66 |
BRI | 80.4 |
Mandiri | 78.6 |
Berdasarkan hasil analisis terhadap tiga ATM, yaitu ATM DKI, ATM BRI,dan ATM Mandiri dapat disimpulkan bahwa ATM BRI memiliki nilai tertinggi dengan 80.4. Dimana pada ATM BRI memiliki lebih banyak jaringan ATM, yaitu BPD online, ATM prima, mastercard, maestro, ATM link, BANKCARD (MEPS) dan cirrus. Pada petunjuk penggunaannya terdapat petunjuk berupa teks dan animasi gambar, animasi cara memasukan kartu, cara memasukan PIN, dan melepas kartu.
Dala hal kemudahan penggunaannya terdapat konfirmasi kesalahan memasukan PIN, jika PIN yang dimasukan salah tidak akan bisa masuk ke menu utama atau pemilihan paket penarikan, dan terdapat peringatan pada layar untuk mencabut kartu setelah transaksi, berupa gambar lepas kartu, disertai peringatan berupa bunyi.
Daftar Pustaka
http://www.ayuliana_st.staff.gunadarma.ac.id